Siput Raksasa 'Alien' Buat Warga Miami Panik

Sobat Uniqer's, siapa sangka siput bisa memicu kepanikan massal. Inilah yang terjadi di Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat. Warga sedang berjuang mengatasi wabah siput raksasa asal Afrika.

Bayangkan, siput yang yang biasanya berukuran kecil, bengkak sampai sepanjang 20 centimeter. Siput ini memakan tanaman, bahkan pleter tembok. Kadang, hewan ini membawa parasit yang bisa menginfeksi manusia dengan strain Meningitis yang tak mematikan.

Dalam dunia agrikultur, gastropoda adalah salah satu hama yang membahayakan. Masing-masing spesies memiliki organ reproduksi jantan dan betina, mereka bisa memproduksi 1.200 telur tiap tahunnya, memungkinkan mereka berkembang biak dengan cepat.

Ilustrasi Siput
Ribuan siput yang telah terinfeksi kini 'menginvasi 'lima lingkungan terpisah di area Miami, demikian dilaporkan Wall Street Journal. Para pemilik rumah mengaku, menemukan siput itu dalam kondisi menjijikan -- tubuh hewan ini yang membesar membuat cangkang mereka tersingkir. Para siput berjalan telanjang -- tanpa cangkang -- memakan tumbuhan dan plester dengan lahap. Mereka lalu meninggalkan jejak kotoran di dinding dan tanah.

"Saya trauma," kata Liliam Hernandez, merinding mengingat saat dia dan suaminya menemukan siput sepanjang 13 centimeter di belakang rumah. Ia mengaku terkejut melihat moluska berlendir itu -- sampai-sampai dia mengalami migren dan harus berbaring agar pulih.

Pemerintah dan lembaga pertanian telah merespon kekhawatiran warga ini, dengan cara pemberantasan besar-besaran. Sebanyak 70 orang diperintahkan memburu siput itu dari rumah-rumah yang terkena wabah. Sejak terdeteksi pada 8 September 2011 lalu, para pemburu itu telah menangkap 10.000 siput dari 114 properti warga.

Ini bukan kali pertamanya siput mewabah di Miami. Pernah terjadi pada 1996 lalu. Berawal dari tiga siput yang dibawa seorang anak dari Hawaii. Siput itu dikandangkan, namun akhirnya dilepas oleh neneknya ke taman.

Di dunia luar, mahluk itu lantas berkembang biak dengan sangat cepat, bahkan butuh waktu hampir satu dekade untuk melenyapkannya. Butuh uang sebesar US$1 juta dan kampanye besar-besaran untuk melenyapkan hama itu, kala itu, 18.000 siput berhasil ditangkap.

Siput yang menghebohkan warga Miami aslinya berasal dari Afrika Timur. Saat ini hewan tersebut bisa ditemukan di Pacific Rim, Hawaii dan beberapa kepulauan Karibia. Adalah ilegal untuk membawanya masuk ke AS.

Pejabat pertanian, Richard Gaskalla mengatakan, pihaknya tak tahu asal mula wabah yang terjadi saat ini. Diduga, siput-siput itu sengaja diselundupkan untuk kepentingan ritual kepercayaan.

Selain siput, Florida cukup terlatih menghadapi wabah impor. Hampir tiap bulan sekali, ada saja wabah yang terjadi Dalam beberapa tahun terakhir, para pejabat harus berhadapan dengan ular piton Burma, tikus berkantung Gambia dan kembang sepatu merah muda mealybugs.
 Source 

This entry was posted in , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply