Nutrisi yang Diperlukan Agar Vagina Tetap Sehat


Zona Malam - Menjaga kesehatan vagina tidak selalu harus dari luar, karena beberapa makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu vagina tetap sehat. Makanan apa saja yang baik untuk vagina?

Vagina merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga kesersihan dan kesehatanya, karena bisa mempengaruhi kesehatan menyeluruh khususnya bagian reproduksi.
Beberapa pola makan sederhana bisa membantu menjaga vagina tetap sehat sehingga mencegah infeksi ragi atau infeksi kandung kemih serta menjaga keseimbangan pHnya.

Berikut ini makanan yang baik untuk kesehatan vagina, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (7/10/2011) yaitu:

1. Probiotik
Tubuh bisa menjadi sarang dari berbagai macam bakteri yang baik dan buruk. Probiotik yang dikonsumsi dapat membantu mencegah mikroorganisme buruk seperti jamur dan bakteri Gardnerella yang bisa menyebabkan infeksi vagina.

Probiotik yang mudah ditemukan adalah dalam yogurt atau produk fermentasi susu lainnya, disarankan mengonsumsi secangkir yogurt sehari untuk kesehatan vagina yang optimal.

2. Jus cranberry
Jus ini umumnya digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi salurah kemih (UTI) akibat urine yang asam. Tapi jus ini juga bisa membantu menyeimbangkan kadar pH di seluruh daerah vagina. Mengonsumsi segelas jus cranberry tawar setiap hari adalah cara paling sederhana dalam menjaga pH vagina agar seimbang.

3. Vitamin E dan C
Vitamin E diketahui bisa membantu menjaga kondisi kulit secara umum, tapi ternyata juga mencegah kekeringan vagina. Makanan yang kaya vitamin E seperti gandum, biji bunga matahari, almond, walnut dna hazelnut.

Sedangkan vitamin C baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah infeksi, sumbernya dari jeruk, stroberi, kiwi, paprika hijau dan merah serta brokoli.

Meski begitu ada pula makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi seperti konsumsi alkohol berlebih, kadar gula tinggi, hal ini karena makanan tersebut bisa memberikan lingkungan yang dibutuhkan bagi mikroorganisme seperti Candida untuk berkembang biak.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply