Hubungan Intim Bisa Bikin Hilang Ingatan

Berhubungan intim memang selalu menyenangkan. Namun, ilmuwan baru saja menemukan fakta mengejutkan hubungan intim bisa menghapus ingatan Anda.


Kasus ini terjadi pada wanita 54 tahun di sebuah rumah sakit di Washington DC. Saat itu, wanita ini berada dalam keadaan panik karena baru saja berhubungan intim dengan suaminya dan secara tiba-tiba ingatannya selama 24 jam sebelumnya menghilang.

Kondisi langka ini disebut ‘transient global amnesia’ dan kondisi selalu terjadi untuk sementara. Namun karena sangat berat, kondisi ini bisa sangat menekan. Ahli saraf mengakui, otak memang tak mengalami kerusakan.

Pemicu kondisi ini masih belum banyak diketahui, namun para ilmuwan yakin gangguan katup di leher menjadi penyebabnya. Katup yang seharusnya menutup ini malah terbuka dan membuat tekanan di perut memompa darah yang kurang oksigen ke pembuluh darah menuju bagian otak yang mengendalikan ingatan.

Sebastian Ameriso dari Institute for Neurological Research di Buenos Aires mengatakan seperti dikutip DM, “Tak banyak yang kami ketahui tentang penyebabnya. Kondisi ini memang mengerikan namun ini bukanlah stroke. Ini tak berbahaya”.

Kasus wanita itu hanya satu dari tiga orang per 100 ribu per tahunnya. Di kebanyakan kasus, butuh beberapa jam hingga ingatan kembali. Mereka yang berusia 50-60an memiliki risiko lebih besar terkena kondisi ini. (inilah.com)

This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

Leave a reply