Helm Lipat Anti Maling



F: Helm Proteus (autoevolution)
SYDNEY - Desainer muda bernama Jessica Dunn membuat sebuah terobosan barudengan membuat pelindung kepala alias helm yang dapat dilipat. Penemuan asal Sydney, Australia, ini merupakan yang pertama kali di dunia. Helm lipat buatan wanita 25 tahun tersebut diberi nama Proteus.
Helm inovatif ini dirancang untuk penyimpanan lebih mudah dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Uniknya, ide pembuatan helm lipat ini terinspirasi dari pencurian helm yang dialami Dunn saat berada di Indonesia.

"Saya selalu menggunakan sepeda motor ketika berada di Indonesia untuk pertukaran pelajar, tetapi saya harus membeli helm di toko pinggir jalan karena helm telah dicuri. Setelah kejadian itu saya terus membawanya setiap hari selama lima bulan kedepan dan saya ingin helm itu bisa dimasukkan ke dalam tas." ungkap Dunn, dikutip dari Autoevolution.

Ada tiga lapisan utama yang diberikan helm Proteus. Pertama, batok yang memakai bahan polycarbonate yang mampu melindungi terhadap abrasi dan benturan tingkat tinggi sekalipun. Kedua, busa polystyrene yang mampu meredam dengan baik. Lapisan terakhir adalah yang paling dekat dengan kepala, terdiri dari bahan lentur dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman kepala.

Desain inovatif Dunn ini masuk kedalam nominasi James Dyson Award. Jika ia mampu memenangkan penghargaan tersebut, ia berhak membawa pulang hadiah sebesar 10.000 poundsterling atau sekitar Rp140 juta untuk mengembangkan penemuannya.[okezone]

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply