Anggur Putih Termahal Ada di Bali


Christian Vanneque memegang anggur Chateau d'Yquem 1811.
Sebotol anggur putih berusia 200 tahun terjual dengan harga 75.000 poundsterling atau lebih dari Rp 1 miliar dan menjadi sebotol anggur putih termahal yang terjual tanpa lewat proses lelang. Chateau d'Yquem dari tahun 1811 dibeli kolektor Prancis, Christian Vanneque. Guinness World Records mengatakan botol anggur yang terjual di Ritz London itu merupakan anggur putih termahal di dunia.

Anggur termahal adalah sebotol anggur merah Cheval-Blanc tahun 1947 yang terjual di rumah lelang Christie di Jenewa dengan harga 192.000 poundsterling pada November lalu. Chateau d'Yquem dari tahun 1811 merupakan anggur standar yang bisa dibeli secara komersial ketimbang di rumah lelang. Anggur itu dijual oleh perusahaan spesialis anggur langka, Antique Wine Company.

Vanneque mengatakan anggur itu akan dipamerkan di restorannya yang baru, SIP Sunset Grill di Bali, Indonesia. Botol anggur manis itu disertai catatan pemeriksaan dari Chateau d'Yquem yang terletak di Bordeaux. Tidak seperti anggur putih pada umumnya, para ahli mengatakan d'Yquem bisa terus berproses untuk waktu tak terbatas dan memperkaya rasa.

Anggur putih paling mahal sebelumnya adalah Chateau d'Yquem Sauternes dari tahun 1787 dengan harga rata-rata 31.402 poundsterling. Anggur Cateau d'Yquem dikatakan berasal dari perkebunan yang sama namun dari tahun yang berbeda.

sumber

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply